Berbagi Ilmu Melalui Kemah Konservasi Taman Nasional Kutai

    Kutai, 18 September 2017. Pada tanggal 15 - 17 September 2017, Balai Taman Nasional Kutai melaksanakan kegiatan kemah konservasi di objek wisata alam Sangkima, Taman Nasional Kutai. Kemah konservasi diikuti oleh 98 orang peserta, terdiri dari kader konservasi Taman Nasional Kutai, kader konservasi BKSDA Kalimantan Timur, dan kelompok pecinta alam di Kalimantan Timur.

    Tujuan kemah konservasi kali ini adalah untuk memberikan bekal pengetahuan dan keterampilan kepada peserta, sehingga peserta mampu berperan aktif dalam menyampaikan potensi-potensi yang dimiliki kawasan konservasi melalui dongeng, tulisan dan foto. Dalam kemah konservasi ini, ada tiga materi yang disampaikan yaitu kampanye pelestarian alam melalui dongeng dengan narasumber Resha Rashtrapatiji (pendongeng/host Jejak Rimba MNCTV), teknik menulis dengan narasumber Bayu Dwi Mardana Kusuma (National Geographic Indonesia), dan teknik fotografi dengan narasumber Yunaidi (National Geographic Indonesia).

    Seluruh peserta tampak sangat antusias mengikuti seluruh kegiatan, baik saat penyampaian materi maupun praktik. Dalam kegiatan praktik, peserta yang dibagi dalam beberapa kelompok tersebut mendapatkan tugas untuk mengambil foto di sepanjang trek objek wisata Sangkima dan menuliskan pengalaman yang diperoleh selama perjalanan dengan menggunakan teknik-teknik yang telah disampaikan oleh narasumber. Selanjutnya peserta juga memiliki tugas untuk mengunggah foto dengan narasi yang menarik di media sosial untuk menyebarkan informasi mengenai Taman Nasional Kutai kepada masyarakat luas.

     Untuk materi mendongeng, setiap kelompok mendapatkan tugas untuk mendongeng tentang Orangutan dan pohon ulin, dua potensi penting di Taman Nasional Kutai. Dengan bahasa, suara, gerak, dan mimik muka yang menarik, dongeng dapat menjadi sarana untuk menggugah audience, terutama anak-anak, untuk belajar mencintai alam.

    Semoga kegiatan kemah konservasi Taman Nasional Kutai ini bisa menjadi ajang untuk berbagi ilmu, menjalin komunikasi dan menjaga semangat untuk terus melestarikan alam.

0
0
0
s2smodern
up